Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

SAMPAH BERUBAH BENSIN

Jumat, 07 Januari 2011

JIKA SETENGAH  SAMPAH JAKARTA (6.000 TON) YANG ORGANIK ITU DIOLAH, DIOLAH, MAKA MENGHASILKAN (18.000) LITER BIOETANOL PER HARI.

                    Sayangnya sampah jakarta baru sebatas di kirim ke bantar gebang, BEKASI. pengolahan sampah kota menjadi bioetanol itu terjadi di pasar gedhe,surakarta, jawa tengah. sampah-sampah itu diolah menjadi bioetanol oleh soelaiman budi sunarto setelah warga di sekitar pasar protes. bau busuk sampah menyengat.sampah berupa buah dan sayuran busuk mencapai 0,5 ton/hari,"kata pria 45 tahun itu.
CARA OLAH SAMPAH MENJADI BIOETANOL.
1.jika kondisi sampah sayuran masih keras, segera giling agar lumat menyerupai bubur.sampah yang lembek   dapat segera di peras. setiap ton sampah mengahasilkan 200 L air perasan.
2.sampah berupa buah seperti jeruk,pepaya,dan semangka perlakukan secara terpisah. giling buah jeruk tanpa mencampurdengan jenis buah lain, begitu juga semangka, sebelum menggiling, potong buah kecil-kecil buah- terutama semangka yang berkulit keras-untuk memudahkan penghancur.
3. hancurkan 2 sendok makan urea, 1 sendok makan NPK,dan 1 ons ragi tapai lalu tambahan 100L cairan hasil penggilingan buah semangka dan pepaya-tanpa tambahan air sedikit pun.khusus bubur jeruk,tambahan air dengan perbandingan 1:1.
4.aduk hingga rata campurann bahan itu dan biarkan terfermentasi dalam kondisi terttutup selama minimal 7 hari. ragi tapai yang terdiri atas  beragam organisme seperti bacillus sp,rhizopus sp, candida utilis, merombak bahan organik itu menjadi alkohol.
5.dalam 7 hari,limbah padat hasil penggilingan akan mengampung di permukaan. didalam drum berkapasitas 100L, keteblan limbah padat kira-kira 7-10 cm. segera pindahkan limbah padat dan cairan fermentasi itu kedalam drum destilasi.
6.sekarang destilasi atau suling cairan fermentasi dengan memanaskan pada drum hingga suhu 80 c. karna perbedaan titik didih, alkohol lebih dulu menguap dan terkondensasi.pada  sulingan pertama dihasilkan bioetanol berkadar alkohol 50%. bioetanol itulah yang di manfaatkan oleh warga desa doplang sebagai pengganti minyak tanah.                                                                                      

 
Sumber dari majalah Trubus 485 -april 2010/XLI
                                                   
  

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar